Friday, November 7, 2008

Arsitek dan Dukun

Ada artikel menarik yang pernah gw baca...
Karena emang panjang gw mau ngutip sebagian aja yang menurut gw kata2nya cukup menarik..

Arsitek
oleh Y.B. Mangunwijaya
Kompas, 16 September 1993

.....Tetapi, dokter sudah (terpaksa) dihargai masyarakat. Arsitek belum. Orang sakit berakal sehat atau terpelajar datang ke dokter tidak dengan tuntutan minta pil kapsul ini, suntikan itu, mendikte si dokter obat apa yang harus diberikan agar dia sembuh. Tetapi kepada arsitek orang datang dengan seperangkat permintaan dan pendiktean sesuka selera. Harus seperti gedung ini dari Amsterdam, minta jendela seperti di Hongkong, harus pakai tiang ini dari Yunani dan harus meniru bentuk-bentuk yang "tidak kalah dengan" Singapura dan seterusnya. Arsitek bahkan dianggap lebih rendah daripada dukun, karena kepada dukun sekalipun orang tidak mendiktekan resep....

Artikel lengkapnya bisa dibaca disini:
http://www.iai.or.id/index.php?option=com_content&task=view&id=66&Itemid=59

Haha, gw salut ama yang nulis artikel.. asli keren menurut gw. Apa bener ya arsitek lebih rendah dari dukun..? hmm...

Why Architect?

Kadang gw suka nanya ama diri gw.. kenapa sih gw mau-maunya jadi arsitek..?
Sebelom gw milih nih jurusan, banyak orang di sekitar gw yang ngasih tau gw, udah ngewanti wanti gw kalo arsitek tuh susah, no life, banyak kerjaan, de el el- de el el.. but at the end gw toh end up ngambil nih jurusan juga.. haha..

Cici gw 2-2 nya arsitek.. which is menurut gw keren banget.. en gw salut ama mereka yang udah bisa ngelewatin 5 1/2 tahun penuh perjuangan.. haha.. terus, gw nya sendiri gimana?
baru tahun ke 2 aja rasanya kuliah udah empot-empot an.. okelah nilai gw, gak jelek2 amat (ca elah)... but untuk dapetin semua nilai itu bener2 butuh perjuangan.. 1 assignment aja bisa 3-4 hari at least en disertai ga tidur.. --" which is ngebuat gw sometimes ngerasa ga ada bedanya hari senen ama hari sabtu.. hahaha..

Lecturer gw disini pernah ngomong gini ke gw.. "asal lu tau aja ya, arsitek tuh ga akan jadi kaya.. arsitek yang paling kaya tuh palingan si Sir Norman Foster yang udah punya helikopter pribadi di rumahnya.." Arsitek is all about passion.. gitu kata dosen gw lebih lanjut.. "Jadi, menjadi seorang arsitek tuh lebih didasarin ama "desire" lu, keinginan lu itu sendiri, bukan dengan tujuan en harapan biar suatu saat nanti jadi kaya, kayak orang yang ngambil jurusan bisnis and ekonomi.

Gw rada nancep pas tuh dosen ngomong kayak gitu.. setelah gw pikir-pikir emang bener omongan dia.. walopun gw yakin sih siapa juga yang ga pengen jadi kaya.. hahaha.. gw pun pengen to be honest.. mungkin karena itu juga di pikiran gw, ntarnya gw mesti ngambil jurusan bisnis juga as complimentary..

Thanks to dosen gw Xing Ruan yang udah ngebuka pikiran gw lebih jauh ttg arsitek yg sebenernya, indeed, gw masih ijo banget ttg masalah ini, but gw bener2 pengen lebih belajar lg ttg gimana arsitek itu sebenernya di masa2 mendatang... =p

Wednesday, November 5, 2008

2008... time is running so fast..

Sebenernya gw pengen mulai nulis blog gara2 gw mulai merasa banyak banget kejadian2 yg menurut gw lumayan penting kejadian nih tahun. Yang biasanya jujur aja gw ngelewatin 1 tahun dengan biasa2 aja, nih tahun jauh lebih berarti buat gw.. hahaha.. anyway, event yang terjadi nih tahun tuh such as:

1. Gw bisa komit ikut pa or bible study yg seumur umur dipikiran gw kok kyknya ga mungkin banget gw ikut gini2an.. haha..

2. Gw mulai nyadar kelemahan2 gw and kekuatan gw juga through all my friends in Sydney (thanks boys and girls) =p yang selama ini mungkin gw ga sadar sebenernya diri gw tuh gimana sih..?

3. Seengaknya base akan pengetahuan gw ttg diri gw sendiri itu, gw pengen lebih punya visi and misi di tahun2 kedepan.. live life to the full gitu kalo kata buku2.. hahaha

4. Gw ikut World Youth Day, yang somehow kok bisa pas banget ya ada di Sydney..

5. Both my beloved sisters maried this year in 19th January and 13th September.. happily ever after ya sis... =D

6. Gw ga balik indo this june and july gara2nya one of my sis maried in september jadi kata bonyok " kamu balik September aja sekalian biar hemat tiket".. haha.. which is gw agree banget sama pendapat mereka..

7. Gara2 gw ngak balik indo bulan juni juli gw jadi bisa ikut WYD, haha.. which is good.. met others 500,000 Christian all over the world.. and meet hell lot of Indonesian aswell, kalo ga salah ada sekitar 3,000.. gara2 ini juga Facebook gw nambah 100 friends dalem kurang 3 minggu.. lolz..

8. Pergi ke Darwin, yang mungkin juga kota dengan salah satu penduduk terdikit di ausi.. asli deh tuh kota sepi banget!! and very hot and a bit boring aswell... banyak bgt yang bisa gw ceritain ttg Darwin.. so remind me next time buat cerita ttg nih kota.. =D

9. Pesawat gw pas mau balik ke Sydney hampir di Hijack ama orang Vietnam.. --" Praise to the Lord.. gw masih idup ampe sekarang.. coz kalo ampe kejadian gw ga ngerti deh tuh nasib gw gimana.. haha

10. Bisa ikut rekoleksi 2 kali.. jadi berasa kayak pas gw retret di wisma Samadi dulu pas sd, smp, sma, yg rasanya kok baru kemaren ya..? hahaha...

11. Bakal ikut retret akhir tahun lagi bareng CIC tanggal 21-23 November..

12. Oh, en sempet juga pertama kalinya gw pergi sendirian ke nagri.. haha.. nebeng di tempatnya Kevin, thanks ya Kev buat tumpangannya..

13. Disadarin ama temen baek gw ttg kelemahan gw.. yang gw sendiri ampe shock di bisa ngomong kayak gitu.. thx cel..

14. Will go to NZ end of this year... thanks dad, thanks mom =D...

15. Will go to Melbourne next week, yai... =D

15. Baru balik ke Jakarta bulan Januari tgl 5.. >.<... pengen buruan balik rasanya.. miss u all my friends in Indo..

Basically gw rasa itu kejadian2 yang penting buat gw di tahun ini.. masih ada yang laen tentunya.. but gw blom kepikiran.. ntar kalo kepikiran I'll post it immediately.. haha..

Me and My Blog

Hari ini tanggal 6 November, gw pengen mulai menyalurkan bakat menulis gw.. hahaha.. apa coba.. well, ini bukan pertama kalinya gw mulai ngeblog.. in fact gw dah punya blog yg umurnya 2 tahun sebelom ini cuman aja itu cuma buat tugas arsitek gw yg super bejibun. FYI emang semua student disini diwajibin buat punya blog, supaya tutor2 yang super subjektif penilaiannya ngeliat progress kita.. -_-" anyway, enough talk about my other blog, you can open it if you want though di antoniodion.blogspot.com.. haha.. sekedar promosi..